MENJAGA KESEHATAN



Kiatnya, walau terus terang kenyataannya belum sempurna keinginan dan teori diantaranya,

1. Menjaga perut : Pastikan perut kita tak dimasuki barang harom serta makruh seperti rokok. Jangan berlebihan jika makan, berhenti makan sebelum kenyang, perbanyak minum, dan perbanyak shaum.
2. Menjaga kesegaran tubuh dengan fitness, jalan kaki, berenang yang diupayakan secara rutin dan istiqomah.
3. Istirahat yang berkualitas. Walaupun tidur sebentar upayakan berkwalitas. Caranya adalah setiap ada kesempatan, istirahat. Disamping itu perbanyak dzikir dan mohonlah kepada Alloh agar diberi istirahat yang baik. Walau hanya beberapa menit, yang penting bisa menjadi segar kembali.
4. Dan kunci penting adalah menjaga hati. Jangan stress, mudah tersinggung, marah atau dendam. Jadilah pemaaf, menggembirakan orang lain, jangan mempersulit diri dan selalu berfikir positif.
5. Perbanyak dzikir karena dengan selalu ingat kepada Alloh, batin ini akan benar-benar tenteram dalam situasi apapun. Di samping itu, perbanyaklah tilawah Quran, berdoa, dan bersujud terutama pada sholat tahajud.

Mudah mudahan kalau upaya untuk sehat sudah maksimal, jika tetap ditakdirkan sakit, sakit tersebut menjadi sebaik-baik kejadian yang dapat menggugurkan dosa serta sarana latihan bersabar dan membuka pintu hikmah lainnya.

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Post a Comment

Ucapan Syukur

Ya Alloh terimakasih tak terucapkan tak terkirakan tak terwakilkan oleh segala bahasa, jika Engkau biarkan aku memilih akan lahir sebagai siapa dan menjadi apa, Jika Engkau memerdekakan aku untuk sepenuhnya mengurusi hidup matiku sendiri, tanpa Engkau bersedia menawanku di dalam kuasa rizkimu di dalam penjumlahan dan perhitunganmu, di dalam janji jalan keluar bagi masalah-masalahku, di dalam anugrah dan hidayahmu, ya Alloh bagaimana aku punya pengetahuan secuil saja untuk mampu memulai hari.