MAKNA KESUKSESAN

 
APABILA kita dipuji, dihargai, dan dihormati berarti bukan sepenuhnya kita yang sukses, melainkan juga kesuksesan orang tua, para guru, dan orang-orang yang membantu kita untuk sukses. Kesuksesan kita bisa diukur dari sejauh mana kita menyukseskan orang lain. Lihat bagaimana kita membantu anak-anak, sanak saudara, tetangga, atau karyawan kita untuk lebih maju dalam urusan dunia dan akheratnya. Artinya kalau kita kaya dan merasa sukses sendiri, padahal anak-anak terbengkalai, sanak saudara sakit hati karena tidak terperhatikan, tetangga menjadi dengki karena diabaikan, dan para karyawan dendam kesumat karena merasa diperas dan didholimi, semua atribut duniawi yang kita miliki hanya semakin memperjelas kegagalan kita sendiri.

Padahal di antara ciri-ciri orang yang sukses itu adalah : pertama, orang yang berhasil mengenal Alloh sebagai Tuhannya dan bersungguh-sungguh untuk taat serta mengabdi dengan tulus dan istiqomah. Kedua, orang yang berani dan berhasil menemukan kekurangan dirinya lalu dengan sungguh-sungguh dan gigih memperbaikinya. Ketiga, orang yang berhasil mengembangkan potensi positifnya sehingga hidupnya kita hari kian bermanfaat bagi sesama juga bagi makhluk lainnya. Keempat, orang yang akhir hayatnya khusnul khotimah, wafat dengan penuh kemuliaan di jalan yang diridhoi Alloh SWT.



Hidup adalah ujian dan yang sukses adalah yang lulus ujian dengan nilai terbaik dengan standard penilaian dari Alloh yang menciptakan dan menguji kita semua.

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Post a Comment

Ucapan Syukur

Ya Alloh terimakasih tak terucapkan tak terkirakan tak terwakilkan oleh segala bahasa, jika Engkau biarkan aku memilih akan lahir sebagai siapa dan menjadi apa, Jika Engkau memerdekakan aku untuk sepenuhnya mengurusi hidup matiku sendiri, tanpa Engkau bersedia menawanku di dalam kuasa rizkimu di dalam penjumlahan dan perhitunganmu, di dalam janji jalan keluar bagi masalah-masalahku, di dalam anugrah dan hidayahmu, ya Alloh bagaimana aku punya pengetahuan secuil saja untuk mampu memulai hari.