TERIMAKASIH (TRIMO)

Trimo pagi ini bercerita kepadaku " Kita ini selama hidup sudah berkeliling dunia ! ", aku menatapnya heran. " Ko bisa mo ? Kapan ? ". Trimo mengangkat kedua tangannya sambil menjelaskan dan berkata. " Coba kita ukur seberapa jauh sejak kita lahir di bumi ini, kaki kita ini melangkah berapa meter, bolak balik sana sini, klo diukur kita ini sudah mengarungi dan sudah berkeliling dunia. "
Lalu saya berkata " Apa bedanya manusia di bumi ini dengan yang di belahan bumi yang lain ?". Kemudian Trimo bercerita " Sama saja ! ". Terperanjat aku mendengar jawabannya. "Ko bisa ?" sahutku. " Iya !! Karena di bumi manapun kita menjumpai banyak orang bekerja, di sebelah kanan dan kiri jalan ada toko, ada orang jualan, ada orang sedih, ada pembohong, ada yang jujur, ada yang jadi brandalan, ada yang jadi orang besar, ada orang tertawa, ada orang yang kaya, ada orang yang miskin !!! Jadi tidak ada bedanya !!! ". "Subkhanalloh..... mantab !!!!!" kataku........
Lalu trimo yang hanya lulusan smp tadi bercerita " Ngapain kita melihat daerah2 di Tipi Tipi itu ? Anggap saja kita sudah sampai disana ! ". Lalu dia melanjutkan... " Sebenarnya hidup ini sederhana ko !! Mencari yang halal dan bermanfaat untuk kanan dan kiri kita... ". Subkhanalloh.... pagi alloh sudah menegurku dan memperlihatkan cara pandang yang berbeda. Jadi Alloh maha adil, ada orang yang berkeliling dunia dan yang dirumah mereka sama2 hidup di bumi dan hukum al quran tetap berlaku dimana dan kapan saja.
Jadi ilmu itu tidak terletak di ujung ujung dunia dan dialam mimpi kita. ilmu itu terletak di hati dan kepada siapa saja Alloh akan menurunkannya, entah itu di pojok2 gua, entah di padang pasir, entah di hutan belantara, semua sama.  

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Post a Comment

Ucapan Syukur

Ya Alloh terimakasih tak terucapkan tak terkirakan tak terwakilkan oleh segala bahasa, jika Engkau biarkan aku memilih akan lahir sebagai siapa dan menjadi apa, Jika Engkau memerdekakan aku untuk sepenuhnya mengurusi hidup matiku sendiri, tanpa Engkau bersedia menawanku di dalam kuasa rizkimu di dalam penjumlahan dan perhitunganmu, di dalam janji jalan keluar bagi masalah-masalahku, di dalam anugrah dan hidayahmu, ya Alloh bagaimana aku punya pengetahuan secuil saja untuk mampu memulai hari.