SPARTA DAN ATHENA

Saudaraku sekalian Sparta itu ideology kehebatan fisik, berbeda dengan Athena yang mengagungkan ideology intelektual.Sedang kita sekarang ini hidup setelah masa reneisance. Kekuatan intelektual itu dianggap menjadi kekuatan manusia dan mengabaikan kekuatan2 lainnya. Sedangkan kita ini membutuhkan kekuatan akhlak yang berasal dari kata khuluk..
Lombok itu baru bersifat khuluk... bila ingin menjadi akhlak maka dia harus berkumpul dengan trasi, garam menjadi sambal. Maka Harmoni antara khuluk A, dengan Khuluk B maka muncullah akhlak. Yang disebut Sholeh adalah akhlak yang sudah teruji.
Jadi Hidayah itu sesudah mendapat taufik. Tidak ada nasi sebelum beras. Taufik itu rahmat penyatuan, yang menyatukan kita semua ini. Setelah kita mengalami penyatuan2 diantara kita, maka dari situlah ada kemungkinan kita mendapat hidayah.
Semoga Alloh memberikan kepada kita semua Mata yang baru, dan Hati yang baru, Yang sangat tajam dan mejelmakan cita2 yang luhurmu yang bermanfaat untuk seluruh semesta alam.  

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Post a Comment

Ucapan Syukur

Ya Alloh terimakasih tak terucapkan tak terkirakan tak terwakilkan oleh segala bahasa, jika Engkau biarkan aku memilih akan lahir sebagai siapa dan menjadi apa, Jika Engkau memerdekakan aku untuk sepenuhnya mengurusi hidup matiku sendiri, tanpa Engkau bersedia menawanku di dalam kuasa rizkimu di dalam penjumlahan dan perhitunganmu, di dalam janji jalan keluar bagi masalah-masalahku, di dalam anugrah dan hidayahmu, ya Alloh bagaimana aku punya pengetahuan secuil saja untuk mampu memulai hari.