MUHAMMAD KECIL

Rasulullah Saw menegaskan bahwa kesuksesan hanya akan di peroleh jika kita ikhlas, sungguh sungguh, bekerja keras serta memberikan karya terbaik dalam semua bidang profesi kita. Atau apa yang ia namakan dengan konsep Itqan.“Sesungguhnya Allah Swt sangat senang dengan seorang hamba yang melakukan suatu tugas secara itqân”. (H.R. Al Baihaqi,dalam kitab Syuabul ?m?n, No. 5080) Itqân berarti doing the job at the best possible quality, melakukan suatu tugas dengan kualitas terbaik !
masa kecil dan remaja serta awal usia dewasa Rasulullah Saw mengantarkan kita pada suatu cakrawala baru bahwa Nabi Muhammad Saw adalah seorang yang mampu mengembangkan diri dan mengatasi berbagai kesulitan hidup dengan luar biasa (adversity quotient). Ia terlahir yatim, usia 6 tahun yatim piatu dan diasuh sang kakek. Usia 8 tahun kakek pun meninggal dan dititipkan ke sang paman yang sedang sedang saja dan sering kekurangan. Dalam usia dibawah 10 tahun ia harus mengais nafkahnya sendiri menjadi penggembala, mencari kayu bakar, buruh batu dan pasir serta bekerja serabutan untuk penduduk Mekkah. Hingga akhirnya menjadi pengusaha tangguh nyaris tanpa modal..
Pelajaran yang harus kita ambil adalah bagaimana ia”berjuang” melawan semua keterbatasan (a complex-life difficulties) sehingga mampu menjadi remaja idaman makkah, pemuda yang dipercaya kaumnya untuk melakukan tugas mulia dan penting seperti meletakkan hajar aswad dan menjadi pemimpin yang paling berpengaruh dalam sejarah peradaban seperti yang diungkapkan Michael Hart.

“Orang-orang hebat itu seratus jumlahnya, dan yang paling hebat adalah Muhammad.” (Michael H. Hart).
 

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Post a Comment

Ucapan Syukur

Ya Alloh terimakasih tak terucapkan tak terkirakan tak terwakilkan oleh segala bahasa, jika Engkau biarkan aku memilih akan lahir sebagai siapa dan menjadi apa, Jika Engkau memerdekakan aku untuk sepenuhnya mengurusi hidup matiku sendiri, tanpa Engkau bersedia menawanku di dalam kuasa rizkimu di dalam penjumlahan dan perhitunganmu, di dalam janji jalan keluar bagi masalah-masalahku, di dalam anugrah dan hidayahmu, ya Alloh bagaimana aku punya pengetahuan secuil saja untuk mampu memulai hari.