FUAD

Pagi ini aku keluar rumah dan melihat Fuad sedang membersihkan wajan, gelas, dandang dan keperluan kematian. Fuad Ubaidilah itu namanya. Dia temanku saat SD di SDN Kupang 2 Ambarawa. dan hanya bermodalkan ijasah lulusan SD.
Aku tanya " Sejak kapan engkau memulai semua usaha ini At ? ". "Sejak aku SD saat jadi temenmu Ris !!", jawab dia. "Wow... itu tahun berapa ya At ?". " Tahun 1994 ris ?"
‎"Saat itu benda apa yang kamu beli saat memulai usaha kematian ini At ?", "Beli Ember 2 ris,,, itu dari hasil aku bantu2 di dapur klo ada orang hajatan.".
"Lalu selama 15 tahun ini pernahkah kamu HUTANG untuk membangun usaha ? atau MINTA DUIT orang agar bisa jalan ?" kata saya melanjutkan pembicaraan. Fuad hanya menggeleng gelenggkan kepala dan menjawab " Ora tau Ris !! (tidak pernah satu kalipun !!)".
‎"Aku juga ngamen ris... nyanyi lagu Jamrud dengan perban di kepalaku keliling ke Ungaran, Bawen dan Salatiga..... aku sering di photo2 lho......... heh.. heh... heh.....". "Iya lah.... orang semua orang menggapnya orang GILA... hahahaha.... Terlalu PD kamu At.... ".
"Ini aku jg bawa karung untuk ambilin bekas2 wadah Aqua... nanti bisa dijual di tempat rosok... nanti uangnya bisa buat beli ember lagi.... ". Jawab dia "ooohh.. gitu ya At....". " Lalu apa semua ini kamu tulis di buku At, barang apa yang keluar dan pake gerobak yang mana ?". " Iya ris.... aku tulis semua......... ".
Subkhanalloh.... Pagi ini Alloh mengajariku dan mempertemukanku dengan teman lamaku saat di SD. Yang subkhanalloh dia membangun bisnis peminjaman alat2 "manten dan kematean" yang dia mulai dari 2 ember sejak 15 tahun yang lalu, Tanpa Berhutang kepada Siapapun, Tanpa Minta-minta Uang kepada siapapun, dan bisnis itu tahan banting tidak terkena dan terimbas krisis ekonomi apapun. Itu bukti Bahwa siapapun manusia yang mensyukuri potensi dirinya, dan bersyukur dengan karunia Alloh dia tidak akan lekang digilas zaman.
Fuad Ubaidilah seorang pemuda yang pagi ini tidak mengerti teknology (Internet, HP, dll) saja bersyukur dan mengerti apa itu ASET, apa itu Liabilitas, apa itu ikhlas, apa itu bersabar, apa itu bertahan dari krisis ekonomi, dan apa itu merubah tatanan kehidupan.
"Subkhanalladzi Asro bi'abdihi lailan....." itulah cara Alloh memperlihatkan cara hdp di dunia ini " Maha suci Alloh yang menjalankan hambanya pada malam hari (malam = tidak jelas masa depan dan harapannya )". Dialah Alloh yang maha mencukupi siapapun yang bersyukur, bersabar menerima takdirnya, dan selalu berada di jalannya.
Saat status ini ditulis... Fuad Ubaidilah masih terlihat dari tempat kerjaku ini, yang sedang duduk bersila dan bercengrama dengan Robert (putra almarhum bapak totok) yang meninggal kemarin.        

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Post a Comment

Ucapan Syukur

Ya Alloh terimakasih tak terucapkan tak terkirakan tak terwakilkan oleh segala bahasa, jika Engkau biarkan aku memilih akan lahir sebagai siapa dan menjadi apa, Jika Engkau memerdekakan aku untuk sepenuhnya mengurusi hidup matiku sendiri, tanpa Engkau bersedia menawanku di dalam kuasa rizkimu di dalam penjumlahan dan perhitunganmu, di dalam janji jalan keluar bagi masalah-masalahku, di dalam anugrah dan hidayahmu, ya Alloh bagaimana aku punya pengetahuan secuil saja untuk mampu memulai hari.